Jumat, 20 Maret 2015

MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI PAPUASumber Daya Manusia atau man power merupakan salah satu unsur masukan (input) yang bersama unsur lainnya seperti modal (manusia Papua), bahan, tenaga dan metode atau teknologi (method or technology) diubah menjadi proses manajemen menjadi keluaran (output) berupa barang atau jasa dalam usaha mencapai kemajuan atau perkembangan suatu wilayah khususnya Papua. Selain itu, Veithzal Rivai (2003, hal 6), berpendapat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah seorang yang siap, mau dan mampu memberi sumbangan usaha pencapaian tujuan organisasi demi kemajuan bersama disuatu wilayah.Pulau Papua merupakan pulau yang kaya raya dari sisi Sumber Daya Alamnya (SDA). Namun dari sisi Sumber Daya Manusia atau man power (SDM) belum nampak jelas produktivitasnya, sehingga Sumber Daya Manusia khususnya orang Papua sendiri belum bisa manusia yang berproduksi. Jika kita amati kisah sejarah Sumber Daya Manusia Papua SDMP), sudah semakin menghilang dan bukan lagi manusia yang berproduktif, tetapi manusia konsumer. Untuk disisi ini, pemerintah harus memiliki presisi solusi agar dapat merevisi titik-titik penghambat Sumber Daya Manusia Papua. Oleh karena itu, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Papua tersebut pemerintah Papua harus berupayah berpikir secara kritis, agar orang Papua pun menjadi orang yang produktif demi pembangunan bagi wilayahnya sendiri. Orang Papua pada umumnya belum dikatakan sebagai manusia yang berjiwa membangun.Hal ini terjadi karena manusia Papua yang sudah produktif pun limit. Papua memilki kekayaan biotanya, namun manusianya masih banyak tradisional (traditional) sehingga kekayaan biotanya hanyalah dimiliki oleh manusia yang terdampar oleh angin (transmigration) di pulau Papua. Manusia Papua memiliki potensi-potensi yang luar biasa, namun tiddak ada manusia produktif yang memproduktifkan manusia Papua, sehingga segala potensi kini hilang lengap. Dengan kurangnya perhatihaan, dukungan dan pengetahuan,karena itu yang  orang Papua kini menjadi tidak berdaya dan ketinggalan jauh dari segala pandangan.


Sumber Daya Manusia (SDM) atau manusia menjadi unsur utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Peralatan yang handal atau canggih tanpa peran aktif Sumber Daya Manusia (SDM), tidak berarti apa-apa. Oleh karena itu, kita harus berfikir secara kritis Sumber Daya Manusia atau man power apakah yang harus dibangun di tanah kita (Papua)? Sehingga terwujud manusia Papua yang produktif, inovator dan berkualitas, sesuai dengan hakikat dan sasaran pembangunan daerah Papua. Yang perlu dibangun adalah daya manusia yang membangun kehidupan bagi orang Papua. salah satu penggerak solusi mengembangkan SDM bagi manusia Papua adalah pemerintah, pemerintah harus berupayah untuk mengadakan lapangan kerja bagi  manusia Papua. Oleh karena itu, adapun upayah yang bisa dilakukan oleh pemerintah terhadap manusia Papua agar tercapai kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi orang Papua sebagai berikut.1.     Pemerintah harus menyediakan tempat bermain bagi anak-anak Papua, seperti membuka lapangan bola untuk mereka berlatih bermain, membuka tempat pelatihan kursus dan membuka tempat perpustakaan buku. Yang mamfaatnya bisa memberikan motivasi demi kemajuan generasi mudah.2.     Pemerintah harus menyediakan lapangan kerja bagi para sarjana-sarjana yang sudah selesai sesuai dengan keahlin yang dimilikinya.3.     Pemerintah harus menyedia lapangan kerja bagi mama-mama Papua seperti kelompok membuat noken, kelompok membuat baju bereiyan, kelompok menanam petatas, kelompok menanam sayur, kelompok peternakan dan kelompok perikanan.4.     Pemerintah harus menyediakan lapangan kerja bagi bapak-bapak seperti kelompok membuat bahan lokal diantaranya kelompok membuat pagar, kayu bakar, papan, las dan lain-lainnya.5.     Pemerintah harus menyediakan pasar khusus bagi mama-mama Papua6.     Pemerintah harus memamfaatkan mama-mama dan bapak-bapak Papua yang memiliki keahlian tertentu untuk memberikan pelatihan kepada orang-orang Papua yang belum bisa.7.     Pemerintah juga memamfaatkan para sarjanawan  sarjanawati yang sudah selesai untuk memberikan kursus pengetahuan bagi kaum anak dan kaum tua dan lain-lain.
Karena Sumber Daya Manusia merupakan modal dan kekayaan yang terpenting dari setiap kegiatan manusia. Maka manusia sebagai unsur terpenting mutlak dianalisis dan dikembangkan dengan cara tersebut. Dari waktu, tenaga dan kemampuanya benar-benar dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kepentingan kemajuan daerah  maupun bagi kepentingan individual.Oleh karena itu, untuk menjalankan solusi di atas, pemerintah harus menjadi patokan untuk menggerakan tugas tersebut dengan cara menggaji bagi setiap anggota kelompok. Agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhaan dasar (basic need) dan juga kesejahteraan. Dan juga  anggota tersebut akan merasa bahwa ada perhatihan dari pihak pemerintah. Untuk itu, maka tidak ada jalan kalau kita hanya berpikir atas berpikir lagi, tetapi atas dasar berpikir kita segera menjalankannya. Sebagaimana filsafat orang Papua khususnya suku Mee yaitu “Dou, Gai, Ekowai, ‘see, think, do.”




salam hangat SASTRA TOUPAPA / CENDERAWASIH VOICE 

1 komentar :

  1. SDM adalah alat canggih yang bisa membangun menjadi manusia produktif, maka itu peningkatan SDM lah yang menjadi momen terpenting

    BalasHapus